MADATUKAR TARUNA TARUNI BP2IP SORONG ANGKATAN XI TAHUN 2017

MADATUKAR TARUNA TARUNI BP2IP SORONG  ANGKATAN XI TAHUN 2017

Sorong ( 11/11/2017 ) longmarch taruna/taruni angkatan XI merupakan salah satu rangkaian pembinaan mental dan moral calon taruna taruni setelah melewati berbagai proses seleksi sebagai calon taruna-taruni BP2IP Sorong. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu ini bertujuan untuk menanamkan semangat patriot,meningkatkan jiwa korsa serta menggalang rasa persaudaraan dan persatuan antara taruna taruni,taruna taruni dengan instruktur,sesame instruktur dengan instruktur dan mengenalkan diri kepada masyarakat  sekitar. Dalam longmarch kali ini para taruna taruni melalui rute kurang lebih 35 km dengan melewati 6 pos, start dari lapangan hocky dan finish di kampus BP2IP Sorong. Dalam rangkaian longmarch kali ini seperti tahun tahun sebelumnya ritual “cinta laut” juga dilaksanakan yaitu kegiatan yang bertujuan untuk mengingkatkan kesadaran taruna/I untuk mencintai dan menjaga kelestarian laut kita. Kemudian kegiatan longmarch ini ditutup dengan penyematan pin perekat pemersatu bangsa oleh Kepala BP2IP Sorong Bapak Heru Widada,M.M, Kasub.bag TU Bapak Hasan Sadili S.Si.T, MM , Kasie Sarpradik Bapak Bernard Ferdinan Nugroho Laim, S.Psi.

Setelah melakukan kegiatan Longmarch taruna taruni pada tanggal (13/11/2017) dilanjutkan dengan kegiatan Jurit malam, masih sama dengan longmarch jurit malam merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam masa dasar pembentukan karakter calon taruna/I BP2IP Sorong. Jurit memiliki arti perang , jadi Jurit Malam adalah perang yang dilaksanakan pada malam hari,perang dalam arti ini perang melawan rasa takut dan melatih mental bagi setiap taruna taruni Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Sorong. Peserta Jurit malam akan melakukan perjalanan menjelajahi alam yang dilakukan pada malam hari. Jurit malam tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat , lenih dari itu mental juga harus dipersiapkan, karena pada jurit mala mini peserta hanya akan berpedoman pada tali yang telah dipasang panitia melalui rute yang telah ditentukan. Dalam perjalanan menyusuri alam ini peserta akan menghadapi rintangan rintangan dan scenario yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Seperti disalah satu pos peserta akan menemukan orang yang sedang luka parah dan diminta untuk mengambilkan obat disuatu tempat, namun tempat itu ternyata dijaga oleh hantu pocong yang berdiri disampingnya. Kegiatan ini pastinya mengutamakan keselamatan bagi peserta jurit malam ( safety first ) dengan didukung oleh persiapan yang matang oleh komponen panitia kegiatan jurit malam dan diharapkan peserta dapat melalui seluruh rintangan dengan baik sampai dititik finish dimana panitia akan mendata ulang jumlah keseluruhan peserta taruna taruni yang mengikuti kegiatan ini,juga setelah itu peserta melakukan rendam diri di pantai sebelum kembali ke Kampus BP2IP Sorong.

Kemudian rangkaian kegiatan terakhir yaitu inagurasi yang merupakan bentuk pernyataan para taruna taruni bahwa mereka telah bergabung dengan segenap Civitas Akademika Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Sorong setelah melalui proses panjang melalui tahapan untuk menjadi taruna taruni BP2IP Sorong seutuhnya,mulai dari madatukar,longmarch,jurit malam dan berbagai kegiatan lainnya. Tibalah masa untuk merayakan kebahagiaan sekaligus sebagai satu kesatuan bagian dari Civitas Akademika BP2IP Sorong. Inagurasi angkatan XI dilaksanakan di gedung Cafetaria BP2IP Sorong dihadiri oleh Bapak Bernad Ferdinan Nugroho laim S.Psi selaku Kepala Seksi sarpras dan Bapak Robertus Wendi Rinekso, S.ST.Pel selaku Kanit PMM, Pegawai, satf pendukung, orangtua/wali, dan juga seluruh taruna taruni BP2IP Sorong.

Acara dibuka dengan penampilan Band taruna taruni angkatan XI yang begitu memukau perhatian para hadirin yang ada,dilanjutkan dengan sambutan dari Kanit PMM Bapak Robertus Wendi Rinekso, S.ST.Pel, Sambutan dari Kasie Sarpradik Bapak Bernad juga pesan dan kesan dari orangtua/wali taruna taruni diakhiri oleh pesan dan kesan dari taruna taruni angkatan XI mengenai berbagai kegiatan selama masa masa pendidikan yang telah merepa tempuh di BP2IP Sorong selama ini. Acara ini diakhiri dengan serangkaian hiburan diantaranya persembahan tarian khas papua yang dibawakan oleh para taruna, persembahan band taruna taruni,juga performance band tamu. Untuk melepas kepenatan selama mengikuti pendidikan di kampus para taruna taruni ikut berjoget menambah semangat dan sukacita dari para taruna taruni yang telah berhasil melewati rangkaian kegiatan dalam proses seleksi mereka.

 

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *